Curhatan Bunda

Dear Bunda,

Ini curhatanku tentang kekhawatiran/kegundahan yang udah lama aku rasakan, dan ternyata semakin kesini semakin besar kekhawatirannya..

Bunda..aku banyak denger cerita dari temen-temen sekitar juga dari beberapa berita, kalau semakin kesini nih..semakin buuaannyyyaaakkk pengasuh/pembantu/ART/ or what ever namanya itu lah yang semakin aneh-aneh yaaa..

1. oleh si mbak, anak yang dititipin ibunya karena ibunya bekerja di kantor yang serrriiiinnngggg makan mie instan krn si mbak malas masak, dan akhirnya karena keseringan, si anak sampe kena infeksi usus yang akhirnya sampe masuk Rumah Sakit.

Apa musti nunggu anak kita masuk Rumah Sakit dulu baru kita sadar ?

Juga..Seringkali aku denger komentar orang-orang yang tau kalau Mas Alif itu seneng dan mau dan alhamdulillah mudah bgt makan sayur, "Wah..Mas Alif hebat ya suka makan sayur. Kalau anak saya mah susaaahhh makan sayurnya.."

Helloooooowwwww..Mas Alif alhamdulillah mudah makan sayur krn sejak MPASI udah aku biasakan! Jadi kalau bilang, "anak saya mah susaaahhhhh bannggeeettttt makan sayurnya.." ..introspeksi yyaaa..selama ini apa menu makan si anak? Nasi+daging+kuah??? Mana sayurnyaaa?? Bukan salah si anak yaaa..anak kan belum ngerti mana sayur, mana daging kalau nggak dikenalin.. Got it Mom?

2. oleh si mbak, anaknya dikasih obat tidur supaya si mbak bisa leluasa lakukan hal yang lainnya...

Taukah Bunda apa efek dari obat tidur?? Tanya deh sama Om Google!

3. Oleh si mbak, si anak dibiarkan aja main sendiri tanpa ada interaksi, yang akhirnya si anak mengalami keterlambatan dalam bicara atau bahkan berjalan..si anak juga jadi anak yang main aja gitu sendirian, nggak berinteraksi dengan sekitarnya dan jadi pendiem. Anak yang pendiem itu, menurutku, bukan karena sifatnya yang pendiem, tapi karena jarang diajak ngomong yyaaaa..

4.Oleh si mbak, si anak dibawa pergi jalan-jalan tanpa sepengetahuan ibunya.. (ngalamin sendiri nih yang satu ini. Masih inggeeettttt banget. Untungnya si mbak niatnya memang cuma pengen maen ke rumah temennya yang aku lupa entah dimana, tp aku inget aku dibawa keluar rumah saat mamaku lagi kerja).

5. Oleh si mbak, kebersihan si anak kurang diperhatikan.. aku pernah loh liat anak yg abis megang kucing  trus tangan si anak langsung masuk mulut sementara si mbak lagi entah ada dimana. Kebayang gak sih berapa banyak kuman yang masuk ke tubuhnya?

6. Dan banyak bunda yang akhirnya jadi permisif sama pengasuh anaknya, dan  bahkan malah si pengasuh itu yang lebih berkuasa. segala permintaan si pengasuh diturutin karena klo nggak diturutin takut anaknya diapa-apain sama pengasuh itu, atau takut pengasuh itu resign jadinya repot lagi cari yang baru sementara pekerjaan di kantor udah numpuk, blm lagi boss yang melototin. hiiyyaaaahhhh.. sebenernya yang dititipin anak olehNya itu siapa ya?

Poin yang nomor 6 itu hasil analisaku ya terhadap mbak yang terakhir kerja di rumah dan sekarang udah pulang kampung.. Jadi si mbak ini dari ceritanya, dia sebelumnya kerja 5 thn ngasuh anak di daerah Bintaro. Trus pernah aku tanya, "koq betah banget bisa sampe 5 tahun ?" Jawabnya,"abis ibunya baik.."

Dia baru 3 bulan kerja di rumah, kerjanya pun beberes rumah+masak, nggak pegang Mas Alif, dan di rumah ada aku yang bisa kontrol kerjanya tiap hari. Tiap kali dia berbuat kesalahan, ya ditegur wajar dong yaaaa... eh..tiap ditegor malah dia jawab balik. gubrak deh..ngeyelnya setengah mati.

Aku minta tolong beli sesuatu ke warung, eh..pulangnya bilang,"mbak..tadi saya minta 2000 buat beli es." hiyah loohhh..uang 2000 nya sih nggak masalah..yang masalah adalah, kenapa nggak minta ijin dulu sama yang punya uang???

Di depan rumah ada pohon delima yang berbuah, dipetik loh buah delima nya sama dia tanpa minta ijin!!

Ngeliat dari tingkah lakunya..kesimpulanku adalah..dia betah 5 tahun kerja ngasuh anak di Bintaro itu ya karena disana dia nggak ada yang ngawasin, jarang ditegur. Bapak+Ibu majikannya kerja, lalu dia asuh anak majikannya itu, ya pastinya lah si Ibu ngasih banyak kelonggaran sama si mbak ini pasti dengan alasan supaya dia betah jadi si Ibu ini jadi serba permisif.

Bunda..kalau bisa..asuhlah anak titipanNya dengan tanganmu sendiri. Itulah kenapa ada ungkapan bahwa surga di bawah telapak kaki Ibu, bukan di bawah telapak kaki kakek/neneknya apalagi pengasuh. Berapa sih gaji bunda di kantor? belasan juta? Puluhan juta? coba bandingkan dengan pendidikan/kasih sayang/kedekatan yang tidak anak terima selama bunda di kantor..sebanding?

Alasan ekonomi ??? Ekonomi yang mana? punya mobil kan? punya motor? punya rumah? bisa makan di restoran? bisa jalan-jalan?? itu udah termasuk mewah loh..

Alasan pendidikan yang semakin mahal?? Pendidikan memang semakin mahal.. Karena itu aku memilih untuk bekerja dari rumah jadi tetep punya penghasilan.

Salam,
Herni Ardiani


YM : diani_122
FB : Herni Ardiani Rendy
Twitter : @herniachfan
Telp : +62 8111 881 772


2 komentar:

  1. bener banget tuh mbak...
    aq sendiri juga ngalamin, anak depan rumah ibunya ngeluh anaknya ga mau makan sayur. eh pas aq suapin anakku pake sop, aq kasih juga anaknya... eh mau tuh, nambah malah... ;p
    ketelatenan dan kesabaran seorang ibu mmg diperlukan. so... dampingi anak2mu para ibu..
    karena disanalah tempatmu sebenarnya, disamping mereka. :)

    BalasHapus
  2. iya mba..bener..sering si ibunya yang nempelin stereotip ke anaknya, padahal si ibu yang seharusnya introspeksi ya..

    BalasHapus