Toilet Training

Kali ini aku mau cerita tentang toilet trainingnya Mas Alif..

Sekarang ini Mas Alif gak kerasa umurnya hampir 21 bulan..dan udah dimulai toilet trainingnya sejak umurnya 20 bulan. Telat?? Menurutku nggak..

Dari awal memang aku nggak pernah tau, kapan sih waktu yang tepat untuk mulai toilet training? Ada yang bilang kalau udah bisa duduk, biasakan ajarin ke toilet..ada juga yang bilang, kalau udah umur 10 bulan..atau 1 tahun.. tapi saat aku cari referensinya di buku "The Baby Book"nya dr.Sears (buku itu selalu jadi acuan buatku..gimana nggak..yang nulis aja dokter anak profesional, istrinya perawat, anaknya 8, dan semua yang dia tulis di buku itu adalah hasil "penelitian" yang diterapkan ke 8 anak-anaknya. maknyuuussssss... Insya Allah hasilnya memuaskan. ;P), di buku itu nggak disebutin secara pasti berapa umurnya saat anak mulai belajar toilet training.

Beliau hanya sebutkan sejumlah tanda-tanda (bukankah kita harus bisa membaca tanda-tanda dari alam?? :-P) kapan anak siap dilatih toilet training..

Jadi waktu Mas Alif umur 10 bulan, aku udah siap beli bebek-bebekan yg buat toilet training..tp akhirnya..sampai sekarang bebek itu malah jadi mainan. hehehehee...

Waktu umur 10 bulan, aku udah sempet toilet training Mas Alif. Berdasarkan informasi dari temen-temen, katanya tiap 15 - 30 menit, bawa ke toilet biar pipis..Dicoba ddoooonnnggg.... Hiiyyaaahhh..ternyata oh ternyata...baaarrruuuuuuuuuu juga beberapa menit sebelumnya pipis, udah pipis lagi...gak sampe 15 menit. Ada juga udah tiap 15-30 menit dibawa ke kamar mandi supaya pipis, malah gak pipis...

Aaaarrggghhhh..daripada aku nya stress karena kecolongan terus (wkwkwkwkkk..Bunda dikerjain Mas Alif.), aku terusin pakein pampers aja Mas Alifnya. hehehheheee... --> bukan ibu pemalas yaaa.. tapi ibu yang cerdik..cerdik untuk nggak lagi dikerjain Mas Alif. hahahahaa..

Sambil itu..aku teruusss..bertanya-tanya dalam hati, kapan ya waktu yang tepat buat Mas Alif untuk mulai toilet trainingnya????

Waktu teruuusss..ssss berjalan..sampai akhirnya, Mas Alif udah gede-an, ada saat dimana aku liat koq pampersnya tipiiiissss terus.. jarang pipis..Padahal aku pikir, minumnya cukup koq. Terus, pernah juga aku dapati, pampersnya malah kering gak ada pipisnya sama sekali waktu bangun pagi..Lho kok??

Beberapa hari setelah tanda-tanda itu berlalu, akhirnya aku mikir, mungkin sekarang kali yaa saatnya untuk toilet training..

Akhirnya dicoba lah..gak pake pampers..iseng Mas Alif aku bawa ke toilet..aku bilang, "yuk Mas..pipis dulu di kamar mandi.." cccuuuuuuuuuurrrrrrrrrrrrrrrrrrrrr.. akhirnya Mas Alif pun pipis. Dan sejak itu, kalau di rumah, Mas Alif sekarang udah nggak pernah pake pampers laagggiiiiiiii... *Bundabahagiasekaliiiii

Bunda seneng, bahagia, bangga..karena Mas Alif udah gak pakai pampers lagi kalau di rumah (waaahhhh..menghemat budget bangggeeeettttt...jjaaauuuuuuuuuuuhhhhhhhhhh..Lha wong pampersnya musti yang paling mahal..merek Pampers..krn itu yang terasa cocok dan nyaman buat Mas Alif).

Sekarang sih Mas Alif masih harus dibawa dulu ke kamar mandi supaya pipis..atau kalau Bunda kelamaan nggak bawa-bawa Mas Alif ke kamar mandi, ya ujung-ujungnya ngompol. hehehee..

Mudah-mudahan nggak lama lagi Mas ALif udah bisa bilang, "Bunda...mau pipis...".. Amin..

Jadi kesimpulannya..aku lebih prefer untuk tunggu tanda-tanda dari Mas Alif kapan dia siap untuk toilet training.. Salah satu tandanya, pipisnya di pampersnya waktu itu mulai sedikit.. kalau biasanya dalam 5 jam gak ganti pampers, pampersnya bisa tebbeeellllll.. nah sekarang, dalam 5 jam tanpa diganti, pampersnya tetep tippiiisss aja kayak baru 1x - 2x pipis.

Ini sharing dariku aja loh yaaa.. Kalau ada yang berpendapat lain, ya monggo.. hihihihiii..

Salam,
Herni Ardiani


YM : diani_122
FB : Herni Ardiani Rendy
Twitter : @herniachfan
Telp : +62 8111 881 772


Tidak ada komentar:

Posting Komentar