Memilih Dokter Anak

Mau sharing tentang perjalanan Mas Alif ke dokter waktu hari Jumat malem kemaren.. Something that I feel I have to share karena bertemu dengan dokter yang satu ini bikin aku merasa sebagai orangtua pasien yang mendapatkan hak untuk mendapatkan penjelasan tentang apa yang dialami Mas Alif.

Begini ceritanya yaa..

Berawal dari Mas Alif demam waktu hari Senin subuh sampe 39 derajat celcius suhunya, terus aku kasih Panadol. Alhamdulillah panasnya mau turun dan sepanjang Senin itu Mas Alif sumeng aja suhunya sekitar 37-38 derajat Celcius. Ternyata demamnya karena ada virus batuk+pilek. Tapi koq matanya jadi merah, berair, belekan besar-besar dan sedikit bengkak yaaa? Awalnya beleknya besar-besar. Trus waktu Selasa malem mulai berair dan waktu tidur, beleknya besar-besar dan warnanya ijo dan matanya sedikit bengkak dan matanya lengket jadi susah melek.

Baru pertama kali ini Mas Alif matanya kayak gitu. Naluri bilang seka pakai kapas+air hangat. Juga temenku bilang matanya dikompres pake kapas+air hangat. Ngikutin naluri dan saran temenku, alhamdulillah matanya berangsur sembuh. Beleknya juga udah berkurang. Batuknya masih dan pileknya juga menghilang.

Tapi untuk memastikan, akhirnya kita ke dokter aja. Dari dulu aku belum temuin dokter yang sreg di hati untuk Mas Alif. Dulu sempet sih "ngelirik" ke dokter yang satu ini..Tapi koq mahal ya biaya konsultasinya.. Setelah melanglang buana ke 4 dokter anak yang berbeda, akhirnya mutusin, kalau Mas Alif sakit (mudah-mudahan Mas Alif sehat selalu yaa..amin..) kita ke dokter Endah Citraresmi, SPA di Kemang Medical Care. Ngga apa-apa bayar sedikit lebih mahal tapi yang penting nyaman di hati. Dan kalau imunisasi ke dokter yang satunya lagi aja krn lebih murah. hehehee.. :-P

AKhirnya pergilah kita ke dokter Endah. Cerita apa yang terjadi. Dokter Endah lalu ambil secarik kertas dan bolpen...lalu mulai menulis...



Kurang lebih begini cerita dokter Endah ..

"Demam yang menyertai batuk dan pilek itu kita sebut dengan ISPA. Infeksi Saluran Pernafasan Atas. Demamnya bisa berlangsung dari 3-5 hari, batuknya antara 2-3 minggu, pileknya sekitar 1 minggu."


"ISPA ini paling banyak disebabkan oleh virus. Ada juga yang disebabkan oleh bakteri, misalnya pneumonia pertusis, strepthroat. Stepthroat ini menyerang anak di atas 5 tahun. Kalau ISPA yang disebabkan oleh bakteri, diobati dengan pemberian antibiotik. Tapi kalau antibiotik dikasih ke virus, nggak bisa. Nah, mata memerah, belekan, berair itu karena virus ISPA nya. Jadi saluran mata dan hidung itu berdekatan. Virus yang ada di saluran hidung lari ke mata yang akhirnya bikin mata jadi berair, memerah, sedikit bengkak, belekan. Tapi sakit mata yang ini nggak menular karena jelas disebabkan karena virus ISPAnya. Yang menular itu adalah sakit mata yang nggak pakai demam. Tiba-tiba matanya langsung meraaahhh aja dan bengkak matanya, itu baru sakit mata yang menular."


"Nah..batuk,pilek, demam pada ISPA itu penanganannya gimana? Batuk dan pileknya nggak perlu distop karena berguna untuk pengeluaran virus supaya virusnya nggak sampai ke paru-paru. Jadi batuk dan pilek itu adalah mekanisme untuk melindungi paru-paru dari kemasukan virus akibat ISPA. Kalau anak batuk/pilek, yang perlu kita lakukan adalah bikin anak merasa nyaman. Misalnya dengan suhu AC di kamar diturunkan, dikasih uap hangat, olesin balsem, minumnya diperbanyak supaya lendirnya mencair sehingga lebih mudah untuk keluar. Kalau minumnya sedikit, lendirnya mengental dan susah keluar lendirnya. Untuk demamnya sendiri boleh di kompres keningnya atau diseka air hangat, minumnya diperbanyak untuk mengeluarkan panasnya, kasih paracetamol hanya kalau suhunya di atas 38 derajat."


"Kalau batuk pilek karena pneumonia itu cirinya nafas sesak sekitar 40x/menit nafasnya, otot2 dadanya naik-turun. Nah..kalau pneumonia ini harus segera dibawa ke Rumah Sakit."

Begitulah penjelasan dari dokter Endah tentang demam, batuk, pilek, sakit mata yang Mas Alif alami.


Nah klo yang ini..gambar coret-coretannya Mas Alif waktu dokter Endah lagi kasih penjelasan. Gambar apa siiiyyy Maaasssss?? ;-P

Keluar dari ruang praktek dokter Endah nggak bawa resep. yeeaaayyyy.. itu lebih seneng lagi.. hehehee.. Kalau di dokter-dokter sebelumnya pasti dikasih resep walopun jarang ditebus. hehehehe.. Jadi lebih keliatan yang mana yang lebih murah kaann...lebih murah dan aman.

Dan alhamdulillah..tanpa diberi obat, Mas Alif berangsur membaik..Matanya udah normal..yyaaaa ada sih beleknya sedikiitttt.. hehehee.. batuknya juga udah mulai jarang walau belum sembuh bener, pileknya juga kayaknya nggak jadi pilek. hehehehe..Alhamdulillah..

O iya..kalau batuk, aku sering kasih madu buat Mas Alif. Dan terbukti di Mas Alif kalau dikasih madu, batuknya mereda koq..Insya Allah..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar