Phase 1 : Alergi Anak (was : Diet Alergi untuk Mas Alif (dan Bunda))

Mau laporan pandangan mata nih..Buat para bunda yang punya baby dengan pencernaan yang sensitif..

Kemaren, Selasa 25 Mei 2010, akhirrrnnnyyaaaaa... ke dokter Widodo Judarwanto. Beliau ini dokter anak dengan spesialisasi alergi. Aku mutusin untuk ke dokter Widodo krn Mas Alif sedikit bermasalah dengan pencernaannya..BABnya jarang, 3 hari sekali dan keras, bahkan suka sampe berdarah. Dari dulu kepikiraaaaaaannnnnn terus, Mas Alif kenapa sih, koq seperti ini BABnya. Sedangkan bayi-bayi yang lain koq kayaknya gak bermasalah dengan pencernaannya, pupnya lancar2 aja. Dipikir2, koq kayaknya gak mungkin alergi...lha wong Abi-Bunda gak ada alergi..ASInya juga 6 bulan pertama udah EKSKLUSIF, sampe sekarang juga masih ASI.. Katanya bayi ASI gak gampang sakit dan pencernaannya lebih bagus daripada bayi sufor..Apa yang salah????????

Ternyata..oh..ternyataaaa... Alhamdulillah banget Allah SWT nunjukin RahmatNya untuk keluarga kami..Aku dan keluarga dibimbingNya untuk ketemu dengan dokter Widodo. Berawal dari Mas Alif sakit, ke dokter langganannya, kata dokter langganan, ada kemungkinan alergi kalau udah banyak buah, banyak sayur, banyak minum, tapi tetep BABnya susah..

Ternyataaaaaaaa...menurut informasi dokter Widodo, pencernaannya Mas Alif sensitif. Pencernaan yang sensitif itu nggak bisa dihilangkan, tapi bisa diminimalisir. Dan ini berasal dari genetik. Nggak semua bayi pencernaannya sensitif. Pencernaan sensitif berarti si usus belum bisa menghandle semua jenis makanan yang masuk. Akibatnya, misalnya makan nasi, si nasi itu di usus nggak bisa diuraikan secara halus/sempurna. ini bisa menyebabkan sisa makanannya (baca : kotoran di dalem usus ; pup) lebih padat dari yang seharusnya. jadinya nyumbat saluran pembuangan. Ilmiahnya gak ngerti deh..mungkin ada enzim yang nggak bekerja sempurna kali yach... Selain menyebabkan pup yang padet dan nggak lancar, pencernaan sensitif bisa juga menyebabkan si anak diare. Intinya sih..klo si baby udah gelisah boboknya, lagi bobok trus nangis kebangun, kemungkinan besar perutnya sakit.

Dan kata si dokter sebenernya gak ada yg nama kolik!! Bayi kan nangis karena dia merasakan sesuatu yang gak enak, tp gak bisa bilang ke bapak-ibunya..jadinya nangis deh..klo si bapak ato ibunya nggak ngerti nangisnya karena apa, ya si bayi akan nangis teruuuuuusssssssssssssss..

Dari pencernaan yang sensitif bisa mengganggu fungsi otak.. Serem yach.. dari pencernaan yang sensitif, si anak jadi gelisah tidurnya, suka tidur sambil nungging, tidur sambil mangap mulutnya (katanya karena saluran napasnya tersumbat), suka garuk-garuk karena gatel (ya iya laaaaahhh..klo gak gatel ya gak digaruk! hehehee..), berat badan gak naik, kurang bisa fokus (gampang bosen), emosinya jadi meledak-ledak (suka teriak-teriak, suka gemes/gregetan, suka gigit), tapi sisi baiknya, anaknya jadi pinter, diajarinnya gampang.. Wah...pas banget!!

Pengobatannya gimana??? 
Menurut dokter Widodo, obat untuk alergi sih memang ada..tapi obat itu nggak menyelesaikan masalah...lebih baik eliminasi beberapa makanan yang kemungkinan besar menyebabkan alergi itu.. Jadilah akhirnya, hari ini, day 1, Mas Alif dan Bunda musti "diet".. hehehee.. Koq Bunda ikut-ikutan diet??? Kan Mas Alif masih ASI, jadi ya Bunda harus "diet" sesuai dengan dietnya mas ALif..

Klo Mas Alif diet, emang gak takut kekurangan gizi???
Menurut dokter Widodo, "Setiap makanan penyebab alergi pasti ada penggantinya yang bergizi tinggi dan banyak variasinya : Jadi tidak akan bosan dan tidak akan kurang gizi. Kurang Gizi bila hanya menghindari makanan penyebab alergi tanpa memberi alternatif penggantinya." Menjawab pertanyaan kan?? ;PP

Ini list dietnya Mas ALif :

Dietary Intervention : basic Elimination
Neocate, Pepti junior, Panenteral, Vitalac BL, Pepaya (hawaii), kentang, tepung beras putih, biscuit Baby Choice, Modern, tahu, sapi (daging,hati, paru, otak, buntut, sumsum, kikil), kambing, babi (non muslim), tofu (original), buncis, patin, bihun.

Dietary Intervantion : Step 1
apel, alpokat, pear, madu, Nestle beras merah (ekonomis), Agar-agar plain, NanHA, soya (isomil, dll), pediasure biasa, similac, klim, chilmil non platinum, krupuk : kulit, beras, rempeyek kedele, opak, krupuk paru.
Ensure, enercal, margarine (blue band dll), kentang, ubi, biscuit modern, tempe,
Mi instan (bumbu sendiri), bihun, misoa, kweetiau.
Sayur : kacang panjang, bayam, wotel, kedele, taoge kedele, sawi, dll.
Ikan air tawar : mujair, lele, ikan mas, patin, belut, gurame.
Makanan di restoran : bakso, sate (padang, kambing, sapi, tanpa bumbu),gule kambing, reawon, soto daging sapi, rendang sapi, paru, beef burger (Mc Donald), Hokahoka bento daging sapi, teh botol (bukan fruit tea) hindari restoran sea food atau chinesse food.

Dietary Intervention : step 2
Biscuit Crackers Jacob vegetables, Bubur bayi instant, telor itik, gula merah, brokoli, bayam merah, labu, jagung, sosi, makaroni, mi telor, ikan salmon, tuna, bandeng.
Buah jeruk, pisang. Kacang ijo, kecap manis, ayam, telor, itik, burung dara, beras ketan.

HIGH RISK INTERVENTION
Coklat, kacang-kacangan : kacang tanah/ijo/mente/merah.
Ikan laut kecil: cumi, udang,kepiting, kembung, tenggiri, teri.
Buah-buahan terutama TOMAT, melon, semangka, leci, lengkeng, timun mas, duku, mangga, nanas, durian, anggur, nangka, dan sejenisnya.
Keju, mentega (butter), taoco, saos tiram, saos tomat.
Agar-agar berwarna, yakult, vitacam, youghurt, kerupuk udang.

Semua menurut penelitian dokter Widodo Judarwanto..


Mas Alif masih di tahap basic elimination dan Step 1 selama 30 hari ke depan..Mudah-mudahan Mas ALif bisa lebih baik pencernaannya yaaa... amiiiinnnnn... 

O iya.. ini tempat prakteknya dr. Widodo :
RS Bunda, dan
CHILDREN'S ALLERGY CLINIC
JL TAMAN BENDUNGAN ASAHAN 5
BENDUNGAN HILIR JAKARTA PUSAT,
JAKARTA INDONESIA 10210
PHONE : (021) 70081995 – 5703646

Lanjut ke  Phase 2 : Diet Alergi untuk Mas Alif (dan Bunda

Salam,
Herni Ardiani


YM : diani_122
FB : Herni Ardiani Rendy
Twitter : @herniachfan
Telp : +62 8111 881 772




1 komentar:

  1. Yang boleh dikonsumsi Mas Alif adalah yang "basic elimination" dan "Step 1". Di luar itu, dihindari dulu yaaaa..

    BalasHapus